Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo


Gunung Merbabu adalah salah satu gunung di Jawa Tengah yang dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona dan elok, ketinggian puncaknya adalah 3.142 mdpl (meter dari permukaan laut). Sedangkan, letaknya berada di perbatasan Kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga dan Kabupaten Semarang.




Selo adalah salah satu jalur pendakian yang terdapat di gunung Merbabu, dikenal sebagai jalur yang paling landai dibanding dengan jalur lainnya, sangat disarankan untuk para pendaki pemula yang hendak menikmati kemegahan alam di atas puncak gunung Merbabu.


Basecamp Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Lokasinya berada di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sesampainya di sini, anda dapat menemukan beberapa basecamp pendakian, salah satunya adalah basecamp Pak Bari. 




Fasilitas penunjang di basecamp cukup lengkap, di antaranya adalah tempat parkir, tempat istirahat, kamar mandi, warung makan, akses Wi-Fi, serta toko peralatan pendakian dan souvenir. 
Sebelum berangkat, silahkan cek perlengkapan pendakian anda terlebih dahulu!.



Pos 1 (Dok Malang)


Selepas pintu masuk, jalanan masih landai, medan berupa tanah padat, vegetasi cukup terbuka, berupa barisan pohon pinus yang menciptakan pemandangan kece. Jalur pendakian sangat jelas, karena petunjuk arah terpampang di sepanjang perjalanan.

Mendekati Pos 1 ditandai dengan vegetasi yang mulai merapat, hutan semakin rimbun. Setelah beberapa saat berjalan, anda akan sampai di Pos 1, sebuah tempat yang cukup luas yang dinamakan Dok Malang.



Pos 2 (Pandean)


Perjalanan menuju Pos 2, kemiringan track sedikit meningkat, medan masih berupa tanah padat, meskipun kita berjalan di dalam hutan tropis yang lembab, namun vegetasi lebih terbuka dibanding perjalanan sebelumnya.

Dalam perjalanan menuju Pos 2, kamu harus menghadapi tanjakan terjal, tanjakan yang memiliki tingkat kemiringan sekitar 70 derajat, tanjakan itu dikenal dengan sebutan Tikungan Macan. Sekitar 1 jam perjalanan, anda akan sampai di Pos 2.



Pos 3 (Batu Tulis)

Selepas Pos 2, jalanan semakin menanjak konstan, vegetasi semakin terbuka, memperlihatkan hamparan alam yang mampu menghibur hati, serta bunga Edelweis yang tumbuh di lereng gunung. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit.



Sabana l


Perjalanan berlanjut dengan track yang berupa tanah merah berdebu tebal, bila musim hujan pasti akan sangat licin. Tapi tenang, pemandangan sepanjang perjalanan sangatlah indah, termasuk megahnya gunung Merapi yang terlihat di kejauhan.

Berjalan sekitar 60 menit, maka kamu akan sampai di sebuah tempat bernama Sabana l, merupakan salah satu tempat camp ideal karena memiliki lahan yang luas dan memiliki pemandangan indah yang berupa padang rerumputan hijau nan mempesona.



Sabana ll

Jalanan menuju Sabana satu tidak terlalu terjal, namun berkelok-kelok, menaiki dan menuruni bukit, pemandangan sangat mewah, sepanjang mata melihat, warna hijau rerumputan menghiasi perbukitan yang dibalut dengan udara sejuk pegunungan. Berjalan sekitar 30 menit, kamu akan sampai di Sabana ll.



Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memiliki beberapa puncak di atasnya, di antaranya adalah puncak Syarif ( 3.119 mdpl), puncak Trianggulasi (3.142 mdpl) dan puncak Kenteng Songo (3.148 mdpl) yang merupakan puncak tertinggi di gunung Merbabu.





Tips Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
  • Persiapan fisik sebelum melakukan pendakian
  • Siapkanlah bekal logistik dan air minum sebaik mungkin
  • Usahakan untuk tidak mendaki di musim hujan
  • Berangkat dari basecamp sepagi mungkin, pada pukul 08:00 - 10:00 (jangan terlalu siang)
  • Tempat camp paling ideal adalah Sabana I dan Sabana ll

    Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Merbabu via Selo yang bisa kami sampaikan, semoga dapat membantu ketika anda berniat mendaki gunung Merbabu pada waktu dekat ini. 
    Untuk info lebih lanjut tentang transportasi menuju basecamp pendakian Merbabu silahkan untuk menghubungi Pak Bari, Telp/WA: 081393062419 / Pin BB: D8A16AB6

    Sampai jumpa di Basecamp Pak Bari!











    Komentar

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Basecamp Pak Bari Merbabu